Teknik sarana jalan raya

Happy weekend,
Hari ini kita akan berbicara tentang moda = sarana transportasi ,simpelnya tentang kendaraannya. Yuk, ngulik apa saja sih yang ada untuk mengatur sistem & performa kendaraan, let's check it out :

Pada sarana jalan raya ada yg dinamakan Penggerak Mula, apa yg dimaksud penggerak mula? Apa saja contohnya?
Penggerak mula adalah motor yang merubah tenaga primer yang tidak diwujudkan dalam bentuk aslinya, tetapi diwujudkan dalam tenaga mekanis atau suatu sistem yang mengubah energi abstrak (terlihat/tidak) menjadi energi gerak.
Contohnya: Turbin uap, mesin uap, motor bakar, kincir angin.

Kendaraan di bedakan menjadi 2 tak dan 4 tak, apa perbedaannya?
Sebelum ke perbedaan, sebenarnya sistem ini terdapat beberapa persamaan:
1. Memerlukan satu kali usaha untuk menghasilkan tenaga
2. Harus menggunakan bahan bakar bensin (bukan solar)
3. Ada pistol , bandul (kruk as), blok slinder dan head slinder.
4. Menggunakan busi, di ruang bakar ada katup masuk dan buang.

Perbedannya
1. Siklus kerja pada 2 tak terjadi dalam 1 putaran poros engkol , sedangkan pada 4 tak terjadi dalam 2 putaran poros engkol.
2. Pada 4 tak ada noken, klep, per klep, dan rantai kamrat. Sedangkan dalam 2 tak tidak ada.
3. Fungsi poros engkol pada 4 tak berfungsi selain merubah gerak maju mundur piston menjadi gerak putar, juga berfungsi mengipratkan oli dari charter ke dinding slinder, sedangkan pada 2 tak selain merubah gerak juga sebagai ruang udara dan bahan bakar untuk pembilasan.

Siklus kerja 2 langkah:
2 langkah untuk 1 ledakan. / pembakaran yang menghasilkan tenaga untuk mesin
(Ekspansi + hisap -> buang+kompresi -> pembakaran -> kembali ke ekspansi + hisap)

4 langkah :
4 langkah untuk 1 ledakan/pembakaran yang menghasilkan tenaga untuk mesin
(Hisap-> kompresi -> pembakaran -> ekspansi -> buang -> kembali ke hisap)

PSTheExplorer

Komentar